Desa Waluyo Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen, Desa Waluyo, Kec. Buluspesantren, Kebumen, Jawa Tengah 54391 | 0287 388 3961 / ( 0831-0292-2333 ) | buluspesantrensman(at)gmail.com

BANGUNLAH JIWA dan RAGA SMAN 1 BULUSPESANTREN

Kamis, 02 November 2023 15:10


BANGUNLAH JIWA dan RAGA SMAN 1 BULUSPESANTREN

SMAN 1 Buluspesantren gelar sosialisasi seminar Proyek Penguatan Pelajar Profil Pancasila (P5) di aula SMAN 1 Buluspesantren pada Rabu, 27 September 2023. P5 semester ini SMAN 1 Buluspesantren mengusung tema besar "Suara Demokrasi" dengan sub tema Kesehatan Mental. Pada saat pelaksanaan proyek ini peserta didik kelas 10 dan 11 mengikuti sosialisasi bersama ibu Yulaida, Psikolog Klinis.

Sosialisasi ini berjalan dengan lancar diikuti oleh siswa siswi kelas 10 dan 11. Pada sosialisasi ini ibu Yulaida mengatakan bahwa remaja yang sehat adalah remaja yang mampu melaksanakan tugas perkembangannya dengan baik, mampu mengolah tekanan, dan mampu menerima kekurangan serta kelebihan diri sendiri. Beliau juga menyampaikan akibat ekstrim dari gangguan kejiwaan.

Kegiatan sosialisasi ini dimulai pukul 8.30 WIB diawali dengan sambutan kepala sekolah yang diwakili oleh waka kurikulum Ibu Ambar Retno, S.Si.,M.Pd kemudian dilanjutkan acara pengukuhan pengurus PIK-R oleh ibu Ika Restu Wardani, S. AB. Setelah itu pemaparan materi oleh ibu Yulaida. Dalam presentasinya, ibu Yulaida menyampaikan banyak hal mengenai alasan remaja rentan mengalami gangguan mental. Beliau juga menjelaskan tentang reproduksi remaja, masa pubertas, bahaya seks bebas dan akibat seks yang tidak bertanggung jawab. Akibat dari seks yang tidak bertanggung jawab adalah hamil di luar nikah, aborsi, dan penyakit menular seksual. Ibu Yulaida memberitahu cara menjegah terjadinya seks yang tidak bertanggung jawab yaitu dengan berbagi cerita dengan orang tua, mencari sahabat, dan katakan tidak untuk hal hal yang buruk.

Kegiatan seminar ini bertujuan untuk membuka kesadaran dan kepekaan para siswa, menambah wawasan dan pengetahuan tentang apa itu kesehatan mental dan bagaimana cara mengetahui penyebab serta cara mengatasinya. Tidak hanya kesehatan mental para siswa juga harus mengetahui tentang reproduksi remaja. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para siswa mampu melaksanakan tugas perkembangan dengan baik.

 
Rakhmat Adilaksana Putra | Berita

Artikel Terkait

Tambah Komentar

Komentar

Komentar tidak ditemukan